/

Upacara Padudusan Alit di Pura Samuan Tiga

Meski hampir setiap hari terselenggara upacara di Bali, namun tak semua pelancong yang ingin menyaksikan dari dekat suasana upacara itu dapat menemuinya. Penyebabnya, selain karena waktu kunjungan yang tak pas, juga karena samarnya info dalam kalender upacara di pura-pura penting di Bali. Nah, bagi kamu yang melancong ke Bali sekitar tanggal 10 Mei 2009, mungkin menarik untuk mengunjungi Pura Samuan Tiga, Gianyar. Pada tanggal itu, di pura Kahyangan Jagat (pura penting) Bali tersebut akan berlangsung upacara Padudusan Alit.

Upacara ini adalah upacara rutin yang dilaksanakan pada setiap Purnama Jiesta (Purnama ke-11) namun mengambil hari Pasah yang terdekat dengan saat bulan penuh tersebut. Pasah adalah perhitungan penanggalan Bali yang berulang dalam tiga hari sekali (tri wara). Karena itu, upacara Padudusan di Pura Samuan Tiga bisa berlangsung tepat saat bulan Purnama Jiesta, bisa juga sebelum atau sesudah Purnama Jiesta.

Upacara Padudusan merupakan upacara pembersihan yang dilakukan di sebuah pura untuk memancarkan aura kesucian agar umat yang ngayah (mengabdi) dan bersembahyang di pura tersebut tertuntun ke arah kesucian lahir bathin. Di Pura Samuan Tiga, oleh upacara Padudusan ini berlangsung setiap tahun dengan pola bergantian yaitu Padudusan Agung (besar) pada setiap tahun genap dan Padudusan Alit (kecil) pada setiap tahun ganjil.

Tentang Pura Samuan Tiga
Dari data teks tentang sejarah Bali kuno, pemberian nama Samuan Tiga terkait dengan adanya suatu peristiwa penting pada saat itu yaitu adanya musyawarah tokoh-tokoh penting dalam suatu sistem pemerintahan pada masa Bali Kuna. Pelaksanaan musyawarah para tokoh di Bali pada masa pemerintahan raja suami-istri Udayana Warmadewa bersama permaisurinya Gunapriyadharmapatni yang memerintah sekitar tahun 989 – 1011 Masehi.

Menurut ahli sejarah Bali R. Goris, pada masa itu di Bali berkembang kehidupan keagamaan yang bersifat sektarian. Ada sembilan sekte yang berkembang pada masa itu. Sekte-sekte tersebut adalah Pasupata, Bhairawa, Siwa Sidhanta, Waisnawa, Bodha, Brahma, Resi, Sora dan Ganapatya. Masing-masing sekte memuja Dewa-Dewi tertentu sebagai istadewata (Dewa Utama) dengan simbol tertentu. Penganut setiap sekte berkeyakinan bahwa istadewata merekalah yang paling utama di antara dewa yang lain. Keyakinan sektarian itu ternyata mengakibatkan gesekan dan ketegangan yang berujung pada konflik antar-sekte. Hal ini berpengaruh terhadap stabilitas desa bahkan kerajaan.

Menyadari hal itu, raja suami-istri Gunapriyadharmapatni dan Udayana berusaha mengatasinya dengan mengundang tokoh-tokoh spiritual dari Bali dan Jawa Timur (Gunapriyadharmapatni adalah putri raja Makutawangsawardhana dari Jawa Timur) untuk mencari jalan keluar gejolak antar-sekte ini.

Pada waktu itu di Jawa Timur ada lima pendeta bersaudara yang sangat termasyur. Ke-lima pendeta bersaudara tersebut kerap dijuluki Panca Pandita atau Panca Tirta. Mereka adalah Mpu Semeru, Mpu Ghana, Mpu Kuturan, Mpu Gnijaya dan Mpu Bharadah. Empat di antara kelima pendeta tersebut didatangkan ke Bali secara berturut-turut, yaitu:
1. Mpu Semeru datang di Bali pada tahun saka 921 (999 M) berparhyangan di Besakih.
2. Mpu Ghana datang pada tahun saka 922 (1000 M) berparhyangan di Gelgel.
3. Mpu Kuturan datang pada tahun saka 923 (1001 M) berparhyangan di Silayukti, Padangbai.
4. Mpu Gnijaya datang pada tahun saka 928 (1006 M) berparhyangan di Lempuyang (Bukit Bisbis).

Mengingat pengalaman Mpu Kuturan yang pernah menjadi kepala pemerintahan di Girah dengan sebutan Nateng Girah, oleh Gunapriyadharmapatni diangkatlah beliau sebagai senapati dan sebagai Ketua Majelis Pakira-kiran I jro Makabehan.

Melalui posisi yang dipegang itu, Mpu Kuturan melaksanakan musyawarah bagi sekte keagamaan yang berkembang di Bali bertempat di Pura Penataran kerajaan. Pada masa itu, setiap kerajaan di Bali memiliki tiga pura utama: Pura Gunung, Pura Penataran (di pusat kerajaan) dan Pura Segara (laut). Musyawarah tersebut berhasil menyatukan semua sekte untuk penerapan konsepsi Tri Murti yaitu kesatuan tiga manisfestasi Tuhan (Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa) dalam satu kesatuan yang tak terpisahkan. Konsepsi "three in one" ini berlaku di seluruh Bali dan menghapuskan dominasi satu sekte terhadap sekte lainnya –meskipun belakangan sekte Siwa Sidhantalah yang tampil dominan. Penyatuan ini serupa dengan apa yang dilakukan oleh Mpu Kuturan di Jawa dengan mendirikan Candi Loro Jonggrang (Prambanan) yang memuja Dewa Brahma, Wisnu dan Ciwa. Nah, untuk memperingati peristiwa penting tersebut Pura Penataran kerajaan tersebut diberi nama Pura Samuantiga.

Konsep Tri Murti yang diperkenalkan oleh Mpu Kuturan kemudian diterapkan dalam pola Desa Pakraman dengan pendirian pura Kahyangan Tiga yakni Pura Desa (Brahma), Pura Puseh (Wisnu) dan Pura Dalem (Siwa) pada setiap desa. Bagi setiap keluarga, diterapkan pembangunan Sanggar Kamulan Rong Tiga (tempat pemujaan dengan tiga pintu).

Lebih lengkap, kunjungi situs Pura Samuan Tiga

RSS Feed

0 Comments for Upacara Padudusan Alit di Pura Samuan Tiga

Leave a comment!