/

Lagi di Ubud, International Bali Meditators’ Festival2010

Ini untuk yang kedua kalinya perhelatan besar bagi para meditator digelar di Bali. Yang pertama, diselenggarakan pada 13 Nopember 2009. Tajuk acara tersebut adalah International Bali Meditators’ Festival (IBMF) 2010 yang diprakarsai oleh Yayasan Anand Ashram. Sama seperti perhelatan pertama IBMF 2010 pun akan digelar di Lapangan Astina, Ubud, yakni pada 12-14 Nopember 2010. Adapun tema kali ini adalah: Vasudhaiva Kutumbakam. Vasudhaiva Kutumbakam adalah idiom dalam bahasa Sansekerta yang secara bebas dapat diartikan sebagai sebuah upaya untuk membangun dunia sebagai sebuah keluarga yang damai, penuh limpahan cinta dan harmonis.

Para tokoh meditasi yang akan berbicara dan memberikan workshop meditasi maupun penyembuhan adalah : Ida Pedanda Sebali Tianyar Arimbawa, Ma Anand Baghawati, Gde Prama, LK Suryani, BR. Indra Udayana, Bhante Ciradhammo, K.K. Nuril Arifin Husein, Margot Anand, Tara Khandro, Ketut Arsana, dr. I Made Astawa, Maya safira Muchtar, Gede Kamajaya, Prabhu Darmayasa.

Semangat yang diusung dalam festival ini masih semangat lama yakni, meruntuhkan dan meretas sekat pembatas yang mengotak-ngotakkan manusia berdasarkan suku, agama, ras, golongan dan ideologi.

“Melalui meditasi kita dapat memancarkan aura baik penih cinta-kasih ke segenap penjuru semesta. Dengan cara itu, kita telah turut menciptakan dan menjaga kedamaian di bumi ini,” papar dr. I Wayan Sayoga, tokoh penting dalam Yayasan Anand Ashram.

Dan, menurut Sayoga, di tengah derasnya arus budaya konsumerisme yang serba instan dan mau mudahnya saja, semangat menebar cinta kasih kepada sesama dan alam semesta melalui meditasi, harus terus-menerus dilakukan. Itulah sebabnya, di tengah berbagai keterbatasa Yayasan Anand Ashram tetap menghelat ajang internasional ini.

“Bagi kami, keyakinan, keteguhan, kerja keras dan semangat pengabdian adalah cara terbaik untuk membalikkan segala bentuk keterbatasan menjadi kegembiraan,” tandasnya.

Info lebih detil:
Oka Ratnayani
(0361) 8779752, (0361) 8477490
e-mail:info@balimeditates.org
www.balimeditates.org

RSS Feed

0 Comments for Lagi di Ubud, International Bali Meditators’ Festival2010

Leave a comment!